FITNA-Submission: The Movie

Ah…sebenernya males ikut-ikutan komentar tentang film buatan Geert Wilders ini. Tapi nggak apalah, daripada cuma “nggrundel.”

Sebenarnya tidak ada hal yang baru tentang film berdurasi kurang lebih 10 menit itu. Cuma sekumpulan video, gambar dan guntingan dari berbagai media cetak. Bahkan banyak yang tidak ada kaitannya dengan perkembangan Islam di Belanda. Seperti yang dibilang Wilders dalam wawancara di Fox News akhir January 2008 silam, bahwa dia menginginkan pelarangan Al-Qur’an di Belanda. Dia bilang kalau islam itu “Fascist Book” dan Islam itu “retard.” Dia tidak berniat menyinggung perasaan umat Islam, tapi kalau memang pada tersinggung , “what the hell, that’s not my business, that’s their (muslim-red) business” katanya.

Yaaa…saya sih merasa lucu saja, gimana kalau lebih 1,5 milyar manusia di muka bumi ini menganggap al-Qur’an itu suci dan hanya ada “seorang” yang menganggap kalau al-Qur’an itu bukan kitab suci, trus….yang ngawur siapa?

Film ini nggak ada hebohnya buat saya. Sama aja dengan video atau gambar atau – apalah namanya itu – yang menyajikan Islam dari satu sisi saja. Bagi umat islam yang ekstrim, mereka akan bertambah benci dengan umat non-Islam. Bagi umat non-Islam yang kadung benci dengan Islam, mereka pun akan tambah benci dengan Islam. Saya sendiri nggak ngerti apa maunya si Wilders ini. Kayaknya memang mau menciptakan “interreligious-intercontinental conlfict.”

Ayaan Hirsi Ali juga nih. Dia ini kan lahir dan besar sebagai muslimah di Somalia. Trus melanjutkan studi ke Belanda dan berhasil duduk di kursi Parlemen Belanda. Tahun 2004, dia menulis naskah untuk film “Sumbission” bersama dengan Theo Van Gogh, dimana Van Gogh akhirnya mati setelah ditembak sebanyak 8 kali oleh Mohammed Bouyeri (seorang muslim Belanda keturunan Maroko). Ayaan sendiri melarikan diri dan sekarang tinggal di Amerika karena beberapa kali menerima ancaman pembunuhan.

Film “Submission” (penterjemahan dari Islam) berdurasi 10:51 menit bercerita tentang kepasarahan seorang perempuan dalam Islam. Dia seolah-olah berdialog dengan Allah dan mempertanyakan kenapa kepasrahannya terhadap Islam menjadikannya tertindas. Mengapa dia disiksa karena mencintai (berkencan dengan) seorang laki-laki bernama Rahman. Belum lagi kemudian dia dihamili oleh kakak kandungnya dan tidak ada satupun anggota keluarga yang membelanya. Bahkan Allah tidak membelanya.

Lagi-lagi, gambaran Islam secara parsial. Belum lagi tercampur aduk dengan budaya masyarakat pemeluknya. Ayaan yang kelahiran Somalia, menulis skrip film itu tentu saja berdasarkan pengalamannya selama masih menjadi muslimah di negaranya. Bisa jadi gambaran film itu bukan murni ajaran Islam, tapi sudah tercampur dengan praktik-praktik budaya masyarakat lokal. Seperti khitan untuk wanita, misalnya. Praktik itu sangat lazim untuk masyarakat Afrika, sedangkan umat Islam yang lain tidak mempraktikannya. Wah, gimana kalau fil menceritakan tentang Islam di Indonesia yang lebih dari 300 etnis ini ya?

Pak SBY sempat mengeluarkan peruntah cegah tangkal buat Geert Wilders jikalau datang ke Indonesia. Lalu diikuti dengan reaksi Depkominfo yang memerintahkan untuk menutup situs-situs yang menayangkan film Fitna. As of April 8, paling tidak ada 4 situs yang diblokir lewat akses Speedy Telkom: YouTube, MySpace, Rapidshare dan MetaCafe. Kupikir sih, ini cuma untuk bikin “lego” sebagian masyarakat Indonesia saja, dan menunjukkan bahwa pemerintah sudah berbuat sesuatu. Tapi, pemblokiran itu terlalu berlebihan . Kan, yang ada di situ tidak cuma FITNA aja, banyak lagi yang pake jasa itu. Kasihan kan mereka. Kayak mau ngobatin kutil, tapi takut ribet trus dibunuh aja orangnya sekalian. Kalo mo blokir, ya konten-nya lah…lha kok ini malah gebyah uyah…mana penyedia jasa internet lainnya jadi ikut-ikutan lagi…..ah mbuh ah…..

One Response to “FITNA-Submission: The Movie”

  1. Hahaha, jadinya nggak bisa nonton Warkop lagi dah kalo gini. Kesenangan habis de, kekekekek …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: